Sabtu, 23 Oktober 2010

Khasiat Aroma Terapy

Beberapa Khasiat Wewangian:
Sandalwood (cendana). Dengan aromanya yang khas dan sari minyaknya diambil dari bagian kayu, sandalwood ternyata memiliki efek meningkatkan keterbukaan, kehangatan, rasa percaya diri, kejujuran, ketenangan jiwa, perasaan cinta, sensualitas, rasa nyaman, harapan, kepercayaan, kebijaksanaan, pengertian, stabilitas, keberanian serta daya tahan. Juga mengurangi stress saat menstruasi, gangguan konsentrasi, dan rasa kesepian.
Eucalyptus, sarinya diambil dari bagian daun. Mempunyai efek keseimbangan dan menstimulus peningkatan proses penyembuhan, protectiveness, konsentrasi, vitalitas, keseimbangan emosi, dan juga spontanitas. Selain itu dapat mengurangi panas badan saat flu, sakit kepala, kelakuan yang tidak rasional, kemarahan, mengusir insek serta menghilangkan bau yang tidak sedap.
Peppermint, memiliki aroma segar dan kuat yang berasal dari rerumputan mint yang ditemukan di Amerika. Minyak murni daun mint ini dapat meningkatkan konsentrasi, vitalitas, rasa percaya diri, pikiran positif, sensualitas, keyakinan arah dan tujuan hidup. Juga mengurangi rasa lelah, rasa putus asa, hysteria, sakit kepala, dan rasa takut.
Lavender, aroma bunga ini sangat digemari oleh wanita eksekutif dan ibu rumah tangga. Bunganya berwarna lembayung muda. Kini dibudidayakan di berbagai penjuru dunia. Sari minyaknya diambil dari bagian pucuk bunga selain mampu mengusir nyamuk ternyata juga memberikan efek meningkatkan ketenangan, keseimbangan, rasa nyaman, rasa keterbukaan, dan keyakinan. Selain itu juga mengurangi rasa tertekan, stress, rasa sakit saat menstruasi, emosi yang tidak seimbang, hysteria, rasa frustrasi, dan kepanikan.
Jasmine (bunga melati), sari minyaknya diambil dari bagian bunga yang mempunyai efek menyejukkan, meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, gairah seksual, kepekaan, kejernihan pikiran, harapan, keterbukaan, kebijaksanaan, ketenangan jiwa, rasa bahagia, romans, dan cinta. Juga dapat mengurangi depresi, rasa cemas, batuk, rasa sakit saat menstruasi, stress, sedih, kecewa, dan rasa iri.
Lemon, aromanya menyegarkan, bersih, bersemangat. Sari minyaknya diambil dari bagian buah yang berasal dari Sisilia. Mempunyai efek menjernihkan dan stimulasi, juga baik untuk penanganan pertama digigit ular dan serangga. Selain itu memberikan efek meningkatkan tenaga, kewaspadaan, perasaan bahagia, vitalitas, pandangan positif, motivasi, keyakinan dalam mengambil keputusan, dan stabilitas. Juga mengurangi masalah gangguan pernafasan, tekanan darah tinggi, pelupa, stress, pikiran negatif dan rasa takut.
Ylang-ylang (kenanga), sarinya diambil dari bagian bunga dan bunga dengan warna kuning memberikan essential oil yang terbaik. Memiliki efek menyeimbangkan hormon, memberi semangat, meningkatkan sensualitas, perasaan gembira, kehangatan, rasa percaya diri, keterbukaan, relaksasi, rasa nyaman dan tentram. Mengurangi depresi, kesulitan tidur, rasa tegang, stress saat menstruasi, lemah seksual, perasaan frustrasi, rasa labil, dan rasa bersalah.
Green tea, wangi yang satu ini dapat membantu menyeimbangkan fungsi sel tubuh, membantu mencegah kanker, memperbaiki sistem peredaran darah, membantu menguraikan asam lemak, menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan fungsi lever, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru2, memperlambat proses penuaan. Juga berguna membangkitkan semangat, melancarkan sistem pencernaan dan urine, memperbaiki konsentrasi, menurunkan kolesterol, membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko terkena kanker
Beberapa Petunjuk:
• Untuk sore/malam hari (pemakaian anglo pemanas + minyak esensial atau essence stick disarankan mulai dinyalakan pada jam 16.30) pada saat ingin bersantai dari kelelahan & kejenuhan pekerjaan, gunakan wewangian lavender, sandalwood, green tea, ylang-ylang, atau lotus. Wewangian jangan dicampur, gunakan bergantian jika ingin merasakan beberapa wewangian. Hati-hati untuk penggunaan ylang-ylang dan lotus bagi pengidap tekanan darah rendah, untuk amannya hindari penggunaan terutama lotus.
• Untuk pagi hari (pemakaian anglo pemanas + minyak esensial atau essence stick disarankan mulai dinyalakan pada jam 05.30) di saat mempersiapkan diri untuk bekerja atau bepergian ke luar rumah, agar bersemangat gunakan wewangian samsara, jasmine, opium, atau frangipan tanpa dicampur. Khusus untuk pemakaian anglo pemanas + minyak esensial bisa juga menggunakan eucalyptus, lemon, orange, rose, apple, dan strawberry dengan dicampur sedikit peppermint. Eucalyptus dicampur sedikit peppermint membantu untuk mengurangi hidung tersumbat dan batuk-batuk di pagi hari (karena kedinginan misalnya). Semua wewangian ini bisa digunakan pada siang hari di kantor untuk menghindari kantuk dan kejenuhan yang biasanya mulai hinggap setelah makan siang. Hindari penggunaan peppermint bagi ibu hamil.
ESSENTIAL OIL AROMATHERAPY
1. Jasmine (bunga melati), sari minyaknya diambil dari bagian bunga yang Mempunyai efek menyejukkan, meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, gairah seksual, kepekaan, kejernihan pikiran, harapan, keterbukaan, kebijaksanaan, ketenangan jiwa, rasa bahagia, romans, dan cinta. Juga dapat mengurangi depresi, rasa cemas, batuk, rasa sakit saat menstruasi, stress, sedih, kecewa, dan rasa iri.
2. Lemon : aromanya menyegarkan, bersih, bersemangat. Sari minyaknya diambil dari bagian buah yang berasal dari Sisilia. Mempunyai efek menjernihkan dan stimulasi, juga baik untuk penanganan pertama digigit ular dan serangga. Selain itu memberikan efek meningkatkan tenaga, kewaspadaan, perasaan bahagia, vitalitas, pandangan positif, motivasi, keyakinan dalam mengambil keputusan, dan stabilitas. Juga mengurangi masalah gangguan pernafasan, tekanan darah tinggi, pelupa, stress, pikiran negatif dan rasa takut.
3. Green tea : wangi yang satu ini dapat membantu menyeimbangkan fungsi sel tubuh, membantu mencegah kanker, memperbaiki sistem peredaran darah, membantu menguraikan asam lemak, menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan fungsi lever, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru2, memperlambat proses penuaan. Juga berguna membangkitkan semangat, melancarkan sistem pencernaan dan urine, memperbaiki konsentrasi, menurunkan kolesterol, membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko terkena kanker
4. Lemongrass : untuk menghilangkan fatique, sangat baik untuk menyembuhkan JET LAG . Membantu proses penyembuhan, sebagain tonic, menstimulasi pencernaan, dan meningkatkan sistem .
5. Lavender : Menenangkan, rasa nyaman, mengurangi, sakit kepala, strees,frustasi, insomania. Menghaluskan kulit .
6. Pepermint : Untuk meningkatkan vitalitas, konsentrasi, pikiran , positif percaya diri, seksualitas, mengurangi rasa lelah, takut,histeria, putus asa, membantu penyembuhan, demam flu, melegakan nafas, relaksasi, otot-otot kaku. Bagi ibu hamil hindari penggunaan essential oil Pepermint.
7. Sandalwood (cendana) : Dengan aromanya yang khas dan sari minyaknya diambil dari bagian kayu, sandalwood ternyata memiliki efek memberi ketenangan jiwa, perasaan cinta, sensualitas, rasa nyaman, Juga mengurangi stress saat menstruasi, & gangguan konsentrasi.
8. Stoberi, Orange, Apple : untuk relaxing
Lavender : Menenangkan, rasa nyaman, mengurangi, sakit kepala, strees,frustasi, insomania. Menghaluskan kulit .
9. Flower : dibuat dari sari bunga indonesia memberikan efek relaksasi yang exotis.
Redakan Stres dengan Essential Oils
Pekerjaan yang menumpuk di kantor bikin Anda tertekan dan mudah tersinggung? Hati-hati, stres bisa merongrong kinerja. Stres dapat mempengaruhi kualitas hidup, termasuk menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya sakit maag.
Kenapa? Pasalnya, saat Anda stres, tubuh memproduksi asam dalam jumlah banyak. Nah, asam berlebih inilah yang mengikis mukosa lambung, sehingga terasa perih. Itulah gejala sakit maag.
Kalau bisa, Anda disarankan rehat sejenak dari rutinitas kantor. Tapi kalau jadwal bertemu klien begitu padatnya, boro-boro cuti. Untuk sekadar cuci mata ke butik kesayangan saja tak sempat…
Jika demikian, cobalah minyak esensial sebagai aromatherapy. Menghirup aroma yang tepat akan membuat dunia kembali cerah dan tersenyum kepada Anda. Mari, pilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan:
Jika Anda merasa…
1. Marah, coba aroma bergamot, melati, jeruk, patchouli, petitgrain, roman chamomile, ylang ylang atau bunga mawar
2. Sedih, hirup aroma mawar, neroli, sandalwood, vetiver atau cypress. Kalau mau menumpahkan isi hati dengan menangis, itu lebih baik
3. Depresi, hiruplah bergamot, melati, lavender, lemon, jeruk, ylang ylang atau neroli
4. Kesepian, aroma bergamot, roman chamomile atau mawar niscaya akan mendongkrak mood Anda ke arah yang lebih baik
5. Panik, coba hirup lavender, neroli atau mawar agar ketegangan menghilang
6. Stres, Nah pilihlah bergamot, lavender, mawar, patchouli, sandalwood atau ylang ylang agar tekanan di pikiran berangsur teringankan
7. Lelah dan bosan, percayakan pada minyak esensial bergamot,lemon, peppermint, rosemary atau vetiver untuk menyegarkan tubuh dan pikiran
8. Kurang PeDe, aroma bergamot, cypress, buah anggur, melati, jeruk atau rosemary diyakini bisa mengembalikan rasa percaya diri seseorang yang sempat luntur.

0 komentar:

Posting Komentar